Kamis, 19 Mei 2011

Wong Djowo Ojo Lali Djowone

MENGENAL RUWATAN

( Upacara Tradisi Jawa )

Ruwatan Murwakala (Murwatkala)
Ritual tradisional ini dilaksanakan dengan pergelaran Wayang Kulit dengan cerita Murwakala. Tujuannya, agar orang yang diruwat hidup selamat dan bahagia, terlepas dari nasib jelek. Dalam cerita wayang, konon Kala yang putra ‘salah kedaden’ (berasal dari kama, mani, Bathara Guru yang tumpah ke laut, karena saat orgasme didorong Bathari Uma) dan menjadi raksasa jahat, memang diberi hak memangsa manusia yang termasuk kategori sukerta. Sukerta, atau Sukarta, artinya tindakan yang baik atau dicintai. Sukerta dalam cerita Murwakala adalah anak (atau anak-anak) yang sangat dicintai orangtuanya. Keselamatan dan kebahagiaannya sangat diperhatikan orang-tuanya karena mereka termasuk dalam golongan Sukerta.
Duapuluh lima (25) macam Sukerta, antara lain
1. Ontang-anting : anak laki-laki tunggal dalam keluarga, tak punya saudara kandung.
2. Unting-unting : anak perempuan tunggal dalam keluarga.
3. Gedhana-gedhini : dua anak dalam keluarga, laki-laki dan perempuan.
4. Uger-uger lawang : dua anak laki-laki dalam keluarga.
5. Kembar sepasang: dua anak perempuan dalam keluarga.
6. Pendhawa : lima anak laki-laki dalam keluarga.
7. Ngayomi : lima anak perempuan dalam keluarga.
8. Julungwangi : anak lahir pada saat matahari terbenam.
9. Pangayam-ayam : anak lahir saat tengah hari.
Termasuk juga dalam daftar Sukerta, mereka yang dianggap melakukan kesalahan karena kejadian berikut.
1. Menjatuhkan dandang, ketika menanak nasi.
2. Mematahkan gandhik, alat pemipis jamu.
Mereka yang masuk dalam daftar Sukerta harus diruwat dengan Ruwatan Murwakala supaya tidak menjadi mangsa Kala. Upacara ini dianggap sangat sakral, sehingga harus dilakukan dengan cermat.
Kisah Murwakala
Syahdan, di suatu sore yang indah, Bathara Guru dan sang istri Dewi Uma melanglang buana di antariksa (sight seeing mengelilingi jagat raya) dengan menunggang Lembu Andini. Pemandangan saat itu sungguh menakjubkan. Segalanya terlihat begitu indah. Bathara Guru pun terkesima melihat kecantikan sang Dewi. Di bawah siraman semburat jingga cahaya surya sore itu, Dewi Uma nampak begitu menawan. Paling tidak dalam pandangan Bathara Guru, sang suami tercinta. Tak pelak lagi, berahi Guru pun bangkit hingga ke ubun-ubun dan serta-merta mengajak sang istri untuk bercinta. Kendati he’ah he’eh, sebagai istri yang sadar lingkungan, Dewi Uma mencoba menolak secara halus karena ini bukanlah saat yang tepat. Apalagi di awang-awang, tempat terbuka seperti itu. Namun apadaya, Bathara Guru yang sudah berada dalam suasana berahi memaksakan kehendaknya. Dengan sedikit menjambak rambut sang istri, terjadilah hubungan cinta tersebut. Menjelang Guru mencapai puncak, Dewi Uma mendorongnya dan melepaskan diri dari pelukan Guru yang penuh gejolak nafsu. Akibatnya, kama—buah cinta sang Guru tumpah ke dalam lautan, dan menjelma jadi raksasa besar yang dinamakan Kala. Jadi, Kala adalah satu produk yang salah, dan lantaran kesalahan itu, meskipun anak Dewa-Dewi, Kala tumbuh menjadi raksasa sangat jahat, yang selalu ingin memangsa daging manusia.
Bathara Guru ayahnya, yang pembawaannya memang agak grusa-grusu, memberi izin kepadanya untuk memangsa orang-orang sukerta. Akan tetapi, setelah dibicarakan dengan Bathara Narada, patihnya, Guru menyadari bahwa santapan untuk sang Kala akan terlalu banyak. Bathara Guru kemudian menulis sebuah mantra, lafazh, di dada Kala. Ketentuannya, siapa saja yang dapat membaca mantra tersebut oleh Kala harus dianggap sebagai ayahnya (maksudnya ayah si Kala itu, pen.), meskipun orang itu masih kanak-kanak.
Ternyata hanya sedikit orang yang mengetahui dan bisa membaca mantra di dada Kala. Kurban yang menjadi mangsa Kala masih cukup banyak. Tak kurang akal, Bathara Guru menemukan kiatnya. Lalu memutuskan turun ke dunia, menyamar sebagai dalang dengan nama Ki Dalang Kandhabuwana. Kala pun menyerah pada Ki Dalang, dan dia diperintah tinggal di hutan Krendhawahana. Kala setuju dan tunduk, tidak akan mengganggu anak-anak sukerta, yang telah diangkat anak oleh Ki Dalang. Mereka itu para sukerta yang telah menjalani Ruwatan Murwakala.
Kala memohon diberkati dengan Santi Puja Mantra, Ki Dalang pun mengabulkan lalu memandikannya dengan air dan bunga-bunga. Sebelum pergi ke hutan, Kala minta bekal sesaji berupa alat-alat pertanian dan hasil bumi, alat dapur, ternak seperti sapi, kerbau, kambing, ayam, itik dan sebangsanya. Masih ditambah kain panjang, beberapa jenis makanan, tikar-bantal dan selimut, yang akan dipakai selama perjalanannya menuju ke hutan. Sepeninggal Kala, Ki Dalang memerintahkan kepada Bima dan Bathara Bayu untuk mengusir semua bala tentara Kala dengan menggunakan pecut dan sapu lidi yang diikat dengan tali perak.
Menutup ritual Ruwatan Murwakala, Ki Dalang memotong rambut para sukerta dan memandikan mereka dengan air yang dicampur beberapa macam bunga.
Hikmah dari Ruwatan Murwakala
1. Menurut kisah, Kala adalah produk dari kama-salah, yaitu mani yang salah. Jadi semacam pemberitahuan bahwa hubungan seksual antara pria dan wanita, hendaknya dilakukan dengan cara yang baik, pada waktu dan tempat yang layak. Dan tidak hanya menonjolkan nafsu badaniah, sehingga akan membuahkan anak yang wataknya kurang baik.
2. Bekal dan sesaji yang diminta Kala itu merupakan barang-barang kebutuhan hidup manusia, yang juga melambangkan cinta kepada Ibu Pertiwi, dengan segala hasil buminya.
Hal-hal penting dalam ritual Ruwatan
1. Dalang yang membawakan lakon Ruwatan Murwakala harus memenuhi kriteria dalang yang bijak, mumpuni dalam seni pedalangan. Secara simbolis, dia akan menjadi ayah angkat para sukerta.
2. Upacaranya harus dilakukan dengan baik, cermat dan benar. Para sukerta dan keluarganya hendaknya bisa terlibat dan menghayati dengan perasaan mendalam. Dengan demikian akan mengerti dan memahami makna kidung, berupa tembang dan mantra suci, yang dibawakan Ki Dalang. Dalam upacara ini, lazimnya para sukerta dan orangtuanya mengenakan busana tradisional Jawa. Sebelum pergelaran Wayang kulit, para sukerta mohon restu dari orangtuanya masing-masing. Selama pergelaran Wayang kulit yang akan dilanjutkan dengan ritual, pemotongan rambut dan mandi suci, para sukerta mengenakan pakaian kain putih. Secara mistis, putih menunjukkan kesucian.
3. Air suci untuk memandikan para sukerta berasal dari 7 (tujuh) sumber air.
Catatan: Sukerta yang diruwat tidak hanya anak-anak. Dapat juga orang dewasa yang dianggap melakukan kesalahan atau kelalaian berat, sehingga membuat orang lain menderita. Zaman dulu, yang dianggap kelalaian atau kesalahan berat antara lain
a. Orang yang menggulingkan dandang ketika menanak nasi.
b. Orang yang mematahkan gandhik, batu penggiling jamu.
Kata “Kala”, harfiah berarti waktu. Ada waktu baik dan ada waktu jelek bagi setiap orang. Bila seseorang menderita karena berbagai alasan, seperti musibah kecelakaan, sakit, berbuat salah dan seterusnya, dikatakan orang itu mengalami waktu jelek atau nahas, naas. Setiap orang akan selalu berusaha membuang sial, menghindari waktu naas, dan berusaha hidup dalam keselamatan dan kebahagiaan.
Dewasa ini, lebih-lebih dalam periode krisis multidimensi ini, banyak orang dewasa merasa tidak aman. Karena itu semakin banyak saja orang ikut dalam Ruwatan, agar tidak menjadi sasaran Kala dengan membuang nasib jelek atau sial.
Bathara Guru sebagai penguasa Jagat Raya, turun ke dunia menyamar sebagai dalang untuk memberitahu para sukerta dan orang-orang yang lain, apa yang harus dilakukan agar tidak menjadi mangsa Bathara Kala.
Nama Kandhabuwana (kandha artinya mengatakan, memberi nasihat, buwana berarti dunia), menyiratkan siapa yang menuruti nasihat Ki Dalang akan selamat dan bahagia. Itulah latar belakang ritual Ruwatan Murwakala.
Ruwatan Murwakala dapat dilakukan secara pribadi, terutama bagi kalangan mampu, atau secara bersama-sama karena biayanya cukup tinggi. Lazimnya diselenggarakan kalangan yayasan atau paguyuban pencinta budaya Jawa. Di antaranya adalah:
a. Institut Javanologi Panunggalan, Yogyakarta, setiap tahun menyelenggarakan Ruwatan Murwakala. Upacara ini tidak hanya diikuti para sukerta dari dalam negeri, tapi juga dari mancanegara (Eropa, Asia, Amerika, dsb.)
b. Institut Pudya Raja, pimpinan Prof. DR. Ki Wisnoe Wardhana, juga menyelenggarakan upacara ruwatan serupa.
Dari segi bahasa, akar kata sukerta adalah suker, atau kotor. Logikanya, sesuatu yang kotor harus dibersihkan. Dalam artian ini, manusia yang kotor harus disucikan atau diruwat. Ruwat artinya menghapus atau meniadakan kekuasaan, maksudnya menghapus atau membebaskan dari kutukan nasib jelek/sial, musibah dan malapetaka.
Beberapa contoh ritual Ruwatan
Ruwatan di Karaton Surakarta
Pada 17 Januari 1998, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Karaton Surakarta diadakan Ruwatan Murwakala. Sri Sunan Paku Buwana XII sendiri termasuk yang diruwat, bersama dengan 32 putra-putrinya dan 17 putra-putri menantu. Dalam sejarah dinasti Mataram pada abad ke XVII, Sultan Agung juga pernah diruwat ketika masih menjadi Putra Mahkota.
Upacara Ruwatan Murwakala di Karaton Surakarta dimulai jam sembilan pagi. Sebagai lambang kesucian, para sukerta mengenakan pakaian putih seperti Brahmana. Diawali dengan acara sungkeman untuk menghormat Sri Sunan di nDalem Ageng Prabasuyasa, pergelaran wayang kulit Murwakala dengan dalang senior Ki Panut Darmoko dari Nganjuk, Jawa Timur, dilangsungkan di Sasana Handrawina.
Ruwatan berjalan dengan sangat khusyuk. Seluruh keluarga istana telah bersiap diri dalam keadaan suci lahir dan batin. Semua tamu pun diwajibkan mengenakan pakaian kejawen lengkap. Hadirin mengikuti jalannya upacara dengan khidmat dan selama waktu itu tidak diperkenankan makan, minum atau merokok.
Perangkat gamelan Karaton yang bernama Kyai Manis dan Manis Rengga mengiringi pertunjukan wayang kulit. Berbagai macam sesaji digelar di sekitar layar. Rambut para Sukerta satu demi satu dipotong sedikit oleh Ki Dalang. Permandian suci dengan air bunga juga dilakukan oleh Ki Dalang. Sinuwun sendiri rambutnya dipotong dan dimandikan oleh bibinya, GRAyu Bratadiningrat, yang putri dari Sri Paku Buwana X.
Maksud Ruwatan Karaton Surakarta
Merasa sangat puas dan lega setelah menggelar upacara Ruwatan tersebut, Sinuwun berterima kasih kepada Ki Dalang Panut Darmoko yang telah melaksanakan ruwatan dengan selamat dan sempurna. Sedang Ki Dalang pun merasa mendapat kehormatan yang tinggi karena untuk pertama kalinya dipercaya melaksanakan ruwatan di Karaton. Dalang-dalang kondang lain di Solo tidak berani melakukan upacara yang istimewa dan sakral ini.
Kepada media Sinuwun berkata: “Ruwatan ini diselenggarakan demi keselamatan keluarga, Karaton beserta seluruh isinya.” Diharapkan, peristiwa ini akan memberi dampak yang baik kepada bangsa dan negara, yang tengah mengalami krisis ekonomi. Ruwatan ini tidak perlu dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa, ini semata-mata pelaksanaan wangsit untuk membebaskan kita dari pengaruh sukerta yang membahayakan.
Komentar Sri Mangkunagara IX
Pemangku Pura Mangkunagaran, KGPAA Mangkunagara IX menyambut positif Ruwatan Karaton Surakarta, dan yakin ruwatan tersebut secara spiritual akan memberi dampak positif bagi banyak hal, termasuk kepada Pura Mangkunagaran dan negara ini, karena ruwatan adalah manifestasi doa dan permohonan kita kepada Tuhan Yang Mahasuci. Ruwatan Abdi Dalem Karaton Surakarta
Dalam bulan Sura banyak diadakan upacara Ruwatan. Paguyuban Abdi Dalem Karaton Surakarta cabang Prambanan, pada Sura tahun 2000 lalu juga melakukan upacara ruwatan untuk para anggotanya.
Ruwatan dipimpin oleh KRHT Kusumo Tanoyo dengan melakukan doa di depan sesaji berupa air yang dicampur beberapa bunga. Kemudian dengan khidmat dilantunkan Tembang Dandanggula, yang intinya merupakan permohonan kepada Tuhan Yang Makakuasa agar memberkahi seluruh Abdi Dalem, sehingga mereka hidup dengan selamat, bahagia dan sejahtera
Semua pengikut upacara dibersihkan dengan air suci, tidak seluruh badan melainkan hanya kepala, lalu sedikit rambut juga dipotong. Air yang telah dimantrai itu dipercaya mengandung daya supranatural kuat yang mempu mengobati segala penyakit, fisik maupun kejiwaan. Ruwatan ini tidak serumit Ruwatan Murwakala, yang kaya dengan nilai-nilai budaya, namun cukup penting untuk mempererat silaturahmi di antara para Abdi Dalem Karaton Surakarta.
Ruwatan Seniman-Seniwati Yogyakarta
Bagi para Seniman di Yogyakarta, ritual tradisional Ruwatan tetap dianggap penting dan perlu diadakan. Dipimpin dalang sepuh Ki Timbul Hadiprayitno, ruwatan yang mereka selenggarakan diikuti banyak artis terkenal. Untuk mereka, tujuan pokok ruwatan adalah supaya dapat hidup selamat, tenang dan berkecukupan. Juga untuk menunjukkan kesadaran mereka dalam melestarikan budaya tradisional.
Ruwatan Pejuang Yogyakarta
Dalam memperingati peristiwa “Yogya Kembali” dari agresor Belanda pada 1950, para veteran lanjut usia, bersama-sama para pejuang kemerdekaan dari generasi yang lebih muda, juga mengadakan upacara Ruwatan. Pada malam hari 29 Juni 1999, bertempat di bekas kediaman resmi Jendral Sudirman (alm.), Panglima Angkatan Perang RI pertama, 9 pejuang yang mewakili rekan-rekannya dimandikan air kembang dalam ritual yang dipimpin Ki Dalang Timbul Hadiprayitno, yang juga menyiapkan semua kebutuhan sesaji. Dengan berpakaian putih, ke-9 pejuang dengan setia mengikuti proses ritual yang berjalan khusyuk: mendengarkan kidung suci, tembang dan mantra yang dibawakan oleh Ki Dalang, lalu dimandikan air kembang dan dipotong rambutnya.
Mengapa para veteran melakukan ruwatan?
Ruwatan, demikian mereka tegaskan, adalah permohonan mereka kepada Tuhan agar hidup selamat, dan dengan berkah Tuhan mereka akan melanjutkan perjuangan mencapai tujuan asasi dari kemerdekaan, yakni masyarakat adil dan makmur di Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Mereka berharap, ada perbaikan dalam semua aspek kehidupan. Keadilan dan kebenaran segera terwujud sehingga bisa dirasakan rakyat kecil.
Acara Ruwatan yang berakhir sesudah tengah malam itu dilanjutkan dengan pergelaran wayang kulit dengan cerita “Wisanggeni Gugat” hingga pagi hari. Dr. Humar Atmaja, salah seorang penyelenggara yang mewakili generasi penerus, menyatakan: “’Wisanggeni Gugat’ sesuai dengan harapan generasi muda. Wisanggeni, putra Arjuna dari Dewi Dersanala, adalah figur generasi muda yang suka bicara apa adanya, berani berjuang untuk keadilan dan kebenaran. Tidak takut kepada siapapun, termasuk para dewa dan orang-orang tua yang berbuat salah.”
Mantra dalam ritual Ruwatan Murwakala
lafazh yang berdaya supranatural sangat kuat sehingga tujuan ritual tercapai. Paling tidak ada 2 (dua) mantram sakti yang dilantunkan selama Ruwatan. Diantaranya Rajah Kalacakra dan Caraka Balik

KANJENG GUSTI RATU PANTAI SELATAN.

Goddness Ini adalah cerita Asli Kanjeng Ratu Pantai Selatan , saya gak perlu mengatakan narasumbernya dari mana , yang penting cerita ini diperuntukkan bagi yang ingin mengetahui sebuah KEBENARAN DIA ( ALLAH ) MAHA MENGETAHUI SEGALA APA YANG GAIB DAN YANG NYATA, MAHA SUCILAH ALLAH DENGAN TIDAK MEMPERSEKUTUKAN-NYA, ( SURAT AL MU’MINUN : AYAT 92 ) Sekali lagi saya katakan bahwa untuk bercerita tentang beliau saja kita membutuh energi yang luar biasa , apalagi untuk berjumpa dengan beliau didunia gaib ? Lupakanlah cerita2 fiksi yang bergaung di luar sana . Perlu saya jelaskan sebelumnya , saya pernah ditegur keras oleh seorang Princess Keturunan Kraton Pasundan bahwa hendaknya jika kita menyebut beliau wajib dengan gelar lengkapnya , KANJENG GUSTI RATU PANTAI SELATAN . Itulah cara kita memberi perhormatan kepada beliau. Siapa sesungguhnya KGR Pantai Selatan itu ? Beliau adalah salah seorang dari 7 bidadari yang turun dari Khayangan ( surga ) dalam bentuk NUR yang suci , yang berwujud HOLY SPIRIT yang bisa berwujud sebagai seorang wanita cantik yang luar biasa . Beliau bukanlah sosok yang tiba2 muncul dan bisa bertemu sembarang orang , karena beliau adalah makluk Allah SWT yang suci .Beliau sangat halus budi dan bahasa , lemah lembut ke ibuan dan bisa berbicara berbagai macam bahasa di dunia. Tak kenal maka tak sayang ! Cerita tentang legenda Kanjeng Gusti Ratu Pantai Selatan ( KGRPS ) selama ini yang sedang beredar di masyarakat ,itu hanya cerita rekaan saja . Juga legenda bahwa KGRPS suka menggoda laki2 itu SALAH BESAR . Beliau adalah seorang BIDADADARI YANG SUCI, bagaimana bisa mengoda laki2 ? Memang benar beliau memiliki AURA yang sangat luar biasa . siapa yang berani lawan bidadari sih ? — Hanya sekarang beliau suka kecewa akan banyaknya cerita2 diluaran yang sama sekali TIDAK benar2 mewakili sosok beliau yang sesungguhnya. Sehingga karena ketidak tahuan masyarakat akhirnya , malah menciptakan FITNAH yang meyesatkan. Sungguh , tak kenal maka tak sayang. Mengapa beliau diturunkan kebumi oleh Allah SWT ? Allah memberikan mandat / amanah yang MULIA kepada KGRPS untuk rakyat Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya , konon pula bahwa KGRSP bisa menitis pada wanita2 yang TERPILIH oleh Allah , untuk menjadi para lelakon dibumi ini ( legenda ) sehingga tak jarang wanita2 yang berAURA pecahan dari KGRPS akan diburu2 oleh para lelaki yang berkepentingan untuk menyokong AURAnya , seperti konon Raja2 Mataram SHE IS A HOLY SPIRIT Cerita ini memang kontroversial , seperti The Davinci Code terhadap sejarah kesucian Jesus sebagai “ roh kudus “ Tetapi bagaimanapun KEBENARAN harus selalu ditegakkan dan kita tidak boleh membengkokan sejarah. Siapa NYAI RORO KIDUL ? Dia dulunya adalah murid dari KGRPS yang bernama Dewi Anjani , yang akhirnya mempunyai kesaktian yang tinggi dan merasa “lebih “ , sehingga jadi takabur dan membangun kerajaan sendiri , terpisah dengan Kerajaan KGRPS .Belum dipastikan apakah dia ini dulu aslinya berbentuk manusia atau memang mahkluk gaib .Secara fisik dan rupa bentuknya berbeda dengan KGRPS , tetapi baju kebesarannya sama2 berwarna hijau. Jadi sekali lagi setelah membaca blogs ini , jangan pernah salah untuk menafsirkan siapa Nyai Roro Kidul dan Kanjeng Gusti Ratu Kidul. Jika diukur besar kecilnya kerajaan2 gaib di Laut Kidul kerajaan KGRPS mempunyai wilayah terkecil tapi mempunyai pengaruh terbesar di dunia gaib . Semua makhluk gaib akan tunduk dan hormat kepada beliau
Lagian siapa sih yang gak respect sama bidadari yang menjadi utusan Allah ? Bukanlah kita semua pasti akan hormat pada mahkluk2 suciNya ? Jangankan kepada bidadari atau malaikat , kepada orang yang suci /sufi aja kita hormat – yah kecuali setan yang berbadan manusia, pasti setan tidak akan pernah mau hormat kepada manusia atau makhluk ciptaan Allah yang lain . Makanya jika ada manusia yang takabur ( sok lebih ) maka didalam dirinya pasti ada setan yang terkutuk. upss ! no comment Im not an angel also he he he ….Di Pantai Selatan ( Kidul ) ada sekitar 40 Kerajaan Gaib yang dipimpin oleh 40 Ratu Kidul , termasuk kerajaan Nyo Blorong , Nyi Roro Kidul , Nyi Nyi Nyi … dan semua memakai fasilitas yang sama dan warna yang di simbolkan juga berwarna hijau . Jadi jangan kira jika kalau diParang Kusumo atau di Pelabuhan Ratu , Parang Tritis dan lain2 itu hanya tempat untuk bertemu dengan KGRPS salah2 dan kebanyakan banyak yang salah sasaran , karena yang diketemui adalah para RATU KIDUL ya memang mereka itu ratu2 Kidul yang asli , yaitu ratu2 dari 40 Kerajaan gaib Kiduls group . Tapi ingat , mereka bukanlah KGRPS yang suci itu … Ratu2 gaib Kidul inilah yang banyak mengoda manusia2 yang sedang “terjerumus akan Ilmu Sesat ,Obsesi dan Ambisi . Banyak pula yang menyaru sebagai KGRPS kepada manusia yang minta kekayaan, kekuasaan , kejayaan dan lain2 . Banyak manusia yang terjerumus mengadakan pernikahan gaib dengan Ratu2 Kidul tersebut demi ambisi2 keduniawiannya , wah tentu para jin itu pasti akan berebutan untuk menikahi manusia , tapi seremkan ….. menikah dengan RATU JIN ?Pada umumnya setiap orang yang mengadakan pemujaan terhadap Kerajaan Selatan akan ditemui oleh KGRPS saat pertama kalinya dan beliau akan menyarankan untuk ‘ DON’T DO THAT “ tapi jika manusia tetap pada pendiriannya , maka RATU2 KIDUL yang lain akan datang dan langsung melakukan registrasi untuk mendaftar anggota kerajaan barunya – diberi kekayaan ( transfer dari bank gaib ) tapi jika masanya kontraknya sudah lewat , mereka akan dibekerjakan secara rodi di kerajaan2 ratu kidul tersebut …di alam barzah nya , serem ya ? Kanjeng Gusti Ratu Kidul tidak akan pernah memberikan pesugihan dan menggoda / mengumbar aura maksiat kepada manusia . Secara logika seorang utusan Allah apapun sebutannya , bidadari / malaikat / nabi / rasul /wali pasti tidak akan melakukan hal negative seperti itu . Seorang bidadari tidak akan pernah JAHAT kepada mahkluk Allah yang lain .Pernah gak sih dengar ada bidadari yang jahat ? Suatu hari nanti akan terbuka TABIR KEBENARAN dan manusia2 yang selama tidak tahu , yang sok tau ataupun yang munafik akan hal hal gaib , mereka akan mendengarkan sebuah rahasia SEMESTA , yang selama ini masih menjadi rahasia besar dan misteri.

Jadilah orang pertama yang menyukai tulisan ini
Apakah anda menyukai tulisan ini ?

2 komentar:

tv online kami

KEMISKINAN ADALAH SEBUAH HUKUMAN BAGI KEJAHATAN YANG TIDAK PERNAH KITA LAKUKAN
ROSO RUMONGSO NGRUMANGSANI.SABAR NARIMO NGALAH LOMAN
<FONT FACE="georgia" color="YELLOW"> NGULAT SARIRO HANGROSO WANI
TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG KAMI..SEMOGA BERMANFAAT.